image by antara foto/muhammad adimaja
image by antara foto/muhammad adimaja

Bangkitnya kesadaran menjadi kata kunci yang harus kita upayakan dan kita ingat sampai sekarang dan seterusnya. Kita harus menyadari bahwa kita adalah bangsa yang besar dan harus merdeka, berdiri di atas kaki sendiri, dan menyadari bahwa negara kita adalah negara yang kaya akan sumber daya alam.

Rempah-rempah berlimpah dan minyak bumi yang tiada habisnya sudah cukup membuktikan mengapa tanah kita menjadi tempat jajahan yang paling mempesona bagi kaum kolonialisme. Sampai sekarang, walau tidak tampak secara nyata, namun jelas kita lihat bagaimana negara kita menjadi rebutan para investor, ya karena tanah air kita masih mempesona dengan segala sumber kekayaan alamnya. Berbagai cara mereka lakukan agar mendapat keuntungan bisnis sumber kekayaan alam dari negara yang kita punya.

Namun, sejarah baru telah muncul di mana saham Freeport sudah mencapai 51% dipegang oleh Indonesia, yang menjadi salah satu bukti bahwa kita harus bangkit untuk menjaga dan merawat kekayaan alam kita dengan baik yang bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat Indonesia seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Hari ini, 20 Mei 2021 merupakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Hari ini pula seharusnya menjadi momen kebangkitan kita untuk berjuang bersama menghadapi dan memerangi pandemi global covid-19 yang sudah hampir dua tahun telah menghantui kehidupan sosial dan bermasyarakat kita.

Ini adalah momen yang tepat untuk kita semua agar bangkit memerangi pandemi global covid-19 dengan menerapkan pola hidup baru “physical distancing” atau pun “social distancing”, yakni dengan cara membatasi jarak dengan orang lain, memakai masker ketika keluar dari rumah, menghindari kerumunan, dan tetap meminimalisir kegiatan di luar rumah.

Kita harus bangkit dari ketakutan dan keterpurukan akibat teror pandemi global yang ternyata belum juga mampu mengubah gaya hidup kita dalam memerangi atau meminimalisir penyebarannya. Kita harus sepakat dan kompak dengan anjuran pemerintah dalam menghadapi covid-19 ini, dimana kita harus mampu mewujudkan rasa solidaritas sosial yang tinggi dan persaudaraan sejati sesama saudara sebangsa dan setanah air untuk mengatasi covid-19 ini.

Kita juga perlu untuk saling mengingatkan antar sesama warga negara untuk sama-sama berjuang, mulai dari hal-hal kecil seperti saling mengingatkan menggunakan masker, saling menjaga jarak, saling berbagi, tidak keluar rumah kalau tidak penting, hingga tidak mudik dulu ke kampung halaman. Beberapa poin tersebut adalah upaya bersama kita untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Mari kita jadikan momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ini menjadi momen untuk bangkit berdiri, singsingkan lengan baju dan tetap produktif di saat pandemi ini menghantui kita semua. Jangan takut, karena covid-19 ini mungkin tidak akan hilang dalam kurun waktu yang lama, sesuai dengan hasil kajian berbagai pakar epidemiologi internasional.

Apakah kita harus hidup di bawah ancaman covid-19? Apakah kita akan terus-terusan diteror, takut dan berdiam diri di rumah saja agar terhindar dari wabah yang sudah memakan banyak korban jiwa ini?

Tentu tidak, kita tidak akan menyerah dengan keadaan yang ditimbulkan oleh pandemi global covid-19. Yang perlu kita lakukan adalah tingkatkan kewaspadaan, mari bangkit dan harus bisa bersahabat dengan corona lewat pelaksanaan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pihak kesehatan.

Tentunya di samping itu, kita juga harus menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh kita dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga pola makan seperti makanan-makanan bernutrisi tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

About The Author