image by pixabay.com
image by pixabay.com

Apa itu attitude? Attitude atau good attitude sama hal nya dengan akhlak, adalah sikap dan perilaku yang kita tunjukan sehari-hari. Cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain. Attitude adalah bahasa kekinian yang sering digunakan oleh para kalangan remaja milenial saat ini. Biasanya mereka menggunakan istilah ini untuk mengkritik sikap dan perilaku seseorang di media sosial.

Pada zaman sekarang, apakah masih ada sikap sopan santun (attitude) dalam diri seorang generasi milenial? Mengapa sikap sopan santun terus berkurang dan menghilang? Siapakah yang bertanggung jawab dengan semua keadaan saat ini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering muncul, yang terkadang kita abaikan dengan jawaban “aahh… sekarang kan memang zamannya begitu!!!”.

Padahal Indonesia terkenal dengan budaya budi tata krama. Orang tua kita bahkan nenek dan kakek kita selalu mengajarkan sopan santun, saat makan, saat berbicara, saat berpakaian, dan saat bertemu dengan orang. Ajaran yang diajarkan secara turun menurun, tetapi saat ini sudah mulai menghilang.

Zaman milenial ini juga ditandai dengan maraknya orang-orang saling berlomba untuk menjadi sosok/seorang yang good looking. Lalu, apa  itu good looking? Good looking adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang mempunyai tampilan menarik atau enak di pandang mata.

Pada umunya, penampilan good looking membuat seseorang lebih mudah bergaul dengan orang lain dan lebih cepat mempunyai teman. Hal tersebut terjadi karena penampilan pada zaman sekarang lebih diutamakan, sehingga banyak sekali produk- produk skincare yang digunakan oleh seorang perempuan untuk merubah penampilannya, terutama warna kulit.

Secara warna kulit, masyarakat Indonesia cenderung sawo matang, namun orang Indonesia beranggapan bahwa memiliki kulit putih itu adalah cantik. Tak hanya perempuan, seorang laki-laki pun sekarang juga banyak yang menggunakan skincare, dengan berbagai macam skincare yang mereka pakai. Kadang seseorang pun tak berpikir untuk memilih skincare  yang memang betul-betul aman bagi kulit untuk digunakan.

Karena ambisinya untuk menjadi seorang yang terlihat good looking, akhirnya mereka memilih skincare yang bagus, tidak peduli skincare yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya yang bisa merubah warna kulit sesorang.

Good looking juga dapat dilihat dan diperhatikan melalui gaya atau model dalam berpenampilan dan model berbusana atau berpakaian, bukan dari segi attitude. Hal ini sekaligus mengundang krisis attitude di kalangan remaja pada masa sekarang. Menjadi seorang yang good looking seperti cara gaya dan model berpakaian yang kurang mengikuti syari’ah Islam adalah poin utama dalam kehidupan hari ini.

Bahkan sudah banyak aplikasi yang mereka jadikan media dalam membagikan penampilannya yang terlihat good looking. Secara pribadi, saya sebagai seorang perempuan merasa malu ketika melihat postingan seorang perempuan yang mengenakan pakaian syar’i menutup aurat memakai cadar, akan tetapi memperlihatkan lekuk tubuhnya dengan joget-joget pinggul ala tik-tok.

Maraknya postingan seperti itu membuat orang beranggapan bahwa yang berhijab belum tentu baik akhlaknya. Padahal berhijab adalah suatu hal yang wajib bagi seorang muslimah yang sudah baligh. Menutup aurat pun bukan karena datangnya hidayah dari Allah, melainkan itu tuntutan dari Allah untuk seorang hamba kaum hawa muslimah menutup aurat. Itulah salah satu anggapan orang lain yang salah memberikan pemahaman, karena kita yang berhijab kadang tidak  bisa menjaga attitude kita.